Template information

Searching...
Monday, April 24, 2017

Warga Aceh Jangan Panik, 26 April akan Ada Tes Sirine Tsunami




Badan Penanggulangan Bencana Aceh atau BPBA akan membunyikan sirine tsunami pada tanggal 26 April besok hanya sebagai ujicoba dan diperingatkan bahwa masyarakt Aceh tidak perlu panik dan tetap melakukan aktivitas seperti biasa saja.

Nanti akan ada 6 sirine yang akan di bunyikan dengan jangkauan sejauh 700 meter, suaranya tersebut akan meraung raung dengan diikuti pemberitahuan bahwa itu hanyalah sebuah percobaan. Keenam sirine yang terletak di Kompleks Kantor Gubernur Aceh, Kajhu, Lampulo, Blang Oi, Lam Awe dan Lhoknga.

Tes sirine ini dinyalakan agar para warga siap siaga dengan bunyi sirine tersebut, namun pada saat ini para masyarakat tidak perlu khawatir karena hanya percobaan saja.


Sirine tsunami dibunyikan oleh operator dari sebuah ruangan yang ada di kantor BPBA, dirunagan tersebut terdapat sebuah tempat yang beirisi monitor dan berbagai alat yang terhubung dengan 6 sirine.

Sirine di Aceh sudah ada pada tahun 2008 lalu tetapi sangat jarang dibunyikan sehingga pada saat ujicoba pada tahun 2014 karena alat tersebut sudah tidak berbunyi lagi.

Selama beberapa tahun hanya dibunyikan secara silent kalau tidak pernah dinyalakan suaranya bagaimana kita mengetahui kalau alat ini berfungsi atau tidak.

BPBA juga mendorong pmerintah agar bulan depan harus lebih rutin dalam membunyikan alat tersebut secara real sound bukan hanya tes saja.

 title=

0 comments:

Post a Comment